Belajar dan Introspeksi dari Gameplay Sendiri di Dota 2

Pernah gak sih kamu merasa udah main bagus2, udah merasa benar tapi masih aja kalah? Atau walaupun udah belajar pakai hero ini-itu, farming, warding dll udah bagus masih menyalahkan teman setim?
Itu parah dong, seharusnya sebisa mungkin jangan menyalahkan teman setim. Coba pikir ke diri sendiri dulu apa sudah bagus dan benar mainnya? Apa sudah banyak membantu tim? atau malah jadi beban di tim.

Tenang saja, buat kamu-kamu yang merasa paling benar, paling jago atau merasa masih kurang, saya akan memberikan beberapa tools khusus buat kamu belajar dari gameplay kamu sendiri!

Saya biasanya belajar hero-hero atau strategi bermain dari Youtube, dengan menonton para pro player bermain atau bahkan channel2 youtube yang menyediakan konten tutorial bermain yang baik dan benar. Selain dari itu ada website-website gratis yang bisa kamu pakai sebagai acuan dari gameplay kamu sebelumnya.
Inilah beberapa website yang biasa saya pakai :


1. Dotabuff

Siapa yang belum pernah pakai dotabuff? Website inilah yang pertama kali saya pakai untuk melihat statistik gameplay dari banyak pemain.



Mulai dari history match kamu sampai hero guide ada disini, cukup banyak data yang disediakan dotabuff untuk kita pelajari.


Dotabuff juga menyediakan data tentang semua hero mulai dari item build, tutorial sampai counter hero tersebut. Hal itu sangat berguna saat kita akan memilih hero yang digunakan sebagai counter hero musuh.

2. Opendota

https://www.opendota.com
Setelah menemukan website ini, saya lebih memilih opendota daripada dotabuff.



Kenapa saya lebih memilih opendota dibandingkan dotabuff? karena data yang disediakan disini begitu lengkap sampai2 saya lebih sering mengecek kekurangan saya di match sebelumnya di website ini.


Mulai dari analisa sampai benchmark mereka sediakan sebagai acuan kita untuk memahami bagian mana yang kurang dari gameplay kita dan semua itu diberikan secara gratis!
Banyak hal yang bisa menjadi bahan instrospeksi diri disini, jadi sebelum menuduh teman setim lebih baik kita tahu diri kalau ternyata kekurangan itu ada dari gameplay sendiri.

3. Pvgna Oracle

https://pvgna.com/dota2/oracle
Awal menemukan website ini karena keisengan saya mengecek web pvgna.com yang katanya menyediakan video tutorial dengan harga $5/bulan.

Di website ini kamu bisa mengetahui kinerja dan kekurangan dari gameplay sendiri.
Misalnya kita sebagai core masih kurang dalam hal last hit atau kita bermain sebagai support masih kurang mobilitas dan kegunaan saat teamfight.





Semua itu disajikan dengan rapih sehingga membuat kita bisa mempelajari di bagian mana yang masih kurang bagus, misalnya kamu bermain sebagai support, atau core di lane yang bisa kita pilih. Dan tentu saja Oracle ini gratis!

4. Gosu.AI

https://gosu.ai/dota
Gosu.AI merupakan salah satu website yang menyediakan analisis berdasarkan kecerdasan buatan.



Dengan data yang mereka kumpulkan dan juga bantuan kecerdasan buatan, kita bisa dapat hasil analisis gameplay dan progress bermain.


Disini bisa mempelajari "Focus on enemy heroes in teamfights" yang terbaik, "Deaths analysis" yang menganalisa faktor2 yang menyebabkan hero kita mati sampai "Micro Control" juga dianalisa disini.

5. Stratz

https://stratz.com
Web yang satu ini baru saja saya temukan beberapa waktu lalu, ternyata fiturnya begitu bagus dan menarik.


Pada dasarnya mirip seperti dotabuff atau opendota, tapi ada satu fitur menarik yang saya suka disini, yaitu playback.


Kita bisa melihat progress match dari awal hingga akhir seperti replay yang dapat kita tonton, tapi dengan status tiap hero dan pergerakan yang bisa dilihat langsung melalui webnya.
Dari fitur playback ini kita bisa mempelajari pergerakan musuh saat akan melakukan gank dll.
Menurut saya fitur ini sangat berguna karena tidak perlu menonton replay melalui Dota nya langsung.


Kesimpulan

Jadi itulah beberapa website yang dapat membantu untuk terus meningkatkan skill dota kamu, selain menonton dari youtube.

Dotabuff & OpenDota

Kalau saya lebih memilih OpenDota dibandingkan Dotabuff untuk melihat analisis match sebelumnya karena data yang diberikan sangat lengkap, tapi untuk tutorial hero Dotabuff juga sangat bagus.

Gosu.AI

Lalu kamu bisa menggunakan Gosu.AI dengan cukup mendaftar dan add salah satu bot steam ke dalam friend list steam kamu, setelah itu bot tersebut biasanya akan mengirim chat yang berisi link tentang hasil match yang baru saja kamu selelsaikan.

Pvgna Oracle

Dengan bantuan data analisa dari website ini membantu saya melihat apa yang masih kurang dalam match, seperti kurangnya bantuan dalam teamfight atau healing. Dari situ saya bisa meningkatkan kesadaran saat bermain match berikutnya.

Stratz

Bisa nonton replay tanpa harus buka Dota dulu kenapa nggak? Apalagi bisa melihat progress hero2 musuh sekaligus dalam satu layar.


Terima Kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, ingat jangan merasa sudah bagus karena suatu saat orang lain bisa saja berkembang lebih cepat. Dan terakhir jaga sikap dan perilaku dalam permainan, jangan menjadi toxic/cancer karena kamu akan membawa nama Indonesia. Cukup tang ina mo orang lain saja yang dikenal sebagai SEA Cancer.

Silahkan di add :
Steam : https://steamcommunity.com/id/ariqcs/
ID Dota : 89225827
Discord : FREED13#1451

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting Gekko Crypto Currency Trading Bot

Setting Gekko Bot Trading di VPS Digital Ocean (GUI/WEB)

Cara Buat Server Game Online Gratis*